Peningkatan Omset dan Profit Jualan dengan Pemasaran Online

Peningkatan Omset dan Profit Jualan dengan Pemasaran Online

Oleh

Khoirul Ngibad, S.Si., M.Si. (Scholar)

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan UMAHA Sidoarjo

 

Dalam judul artikel ini, sengaja digunakan istilah jualan. Orang yang usahanya hanya jualan dan tidak melakukan proses produksi juga bisa menggunakan teknik ini. Apalagi bagi yang punya produk sendiri, pasti akan lebih powerful.

Beberapa teknik pemasaran online boleh dicoba bagi anda yang sedang ingin meningkatkan omset dan profit usaha/bisnis. Berikut beberapa tekniknya:

Menggunakan Blog

Teknik ini sangat cocok bagi pelaku usaha/jualan yang masih belum mempunyai cukup budget dalam aspek pemasaran. Pembuatan blog itu gratis. Selain blog, ada juga wordpress. Itu juga gratis. Tidak usah membayar. Jadi, tidak ada alasaan untuk mendigitalisai produk usaha kita. Dengan menggunakan blog atau wordpress, para pelaku usaha sudah bisa meng-online-kan produknya agar diketahui dan dikenal oleh calon konsumen dari seluruh Indonesia raya. Selanjutnya, untuk meningkatkan traffic pengunjung online ke blog tersebut dapat menggunakan teknik SEO (Search engine optimization). Apa itu ??? Intinya SEO itu adalah teknik-teknik yang digunakan agar blog atau website yang digunakan untuk penjualan produk bisa muncul di halaman awal google ketika ada calon konsumen yang mencari dengan keyword tertentu. Jadi, kata kuncinya di keyword. Bisa jadi untuk keyword tertentu, blog atau website kita jadi yang pertama di halaman pencarian google. Bisa jadi juga untuk keyword yang lain, blog atau website kita tidak muncul sama sekali di halaman pencarian google.

Akan tetapi, penggunaan blog atau wordpress juga mempunyai kekurangan. Misalnya, terkesan kurang professional karena masih gratisan. Akhiran .blogspot.com dan .wordpress.com pada nama domain itu malah membuat brand usaha kita yang masih kurang professional karena masih menggunakan fitur gratisan. Kurang lebih begitu.

 

Menggunakan Website

Kalau teknik yang ini sangat cocok bagi pelaku usaha/jualan yang sudah mempunyai budget lebih dalam aspek pemasaran. Biaya pembuatan website sangat beragam. Ada yang sangat murah. Ada yang sangat mahal. Semakin bagus fitur, tampilan, dan kompleksitas dari website tersebut, semakin mahal juga biaya pembuatannya. Jadi, kita bisa menyesuaikan model website yang akan digunakan sebagai pemasaran online. Akhiran .com pada nama domain website tersebut akan membuat brand usaha yang terkesan di mata konsumen sudah professional.

Tidak cukup di situ, website juga harus dioptimasi menggunakan teknik SEO yang sudah dijelaskan sebelumnya. Pada dasarnya, teknik SEO untuk peningkatan traffic website itu memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Jadi, harus bersabar, ulet, istiqomah dan tekun. Butuh perjuangan dan pengorbanan waktu. Akan tetapi, semua itu akan terbayar jika website kita bisa muncul di awal halaman pencarian google untuk keyword yang ditarget. Bisa dibayangkan, jika website sudah nongol di halaman awal google. Para calon konsumen online pun berdatangan dengan menjapri lewat whatsapp. Udah tinggal diprospek saja sampai closing.

 

Menggunakan Google Ads

Teknik ini cocok bagi yang tidak suka dan kurang bersabar dalam bermain teknik SEO. Simpelnya begini untuk Google Ads. Kita membayari google untuk memnculkan website kita di halaman awal google. Bisa dimulai dengan budget termurah. Sehari 10.000 saja atau bisa dikatakan sebulan hanya 304.000. Budget iklan segitu bisa dikatakan murah bagi yang profit usahanya minimal 2x budget iklan sebulan. Apalagi yang profit usahanya bisa berkali-kali lipat dari budget iklannya. Intinya semakin besar budget iklan yang diberikan ke google, semakin banyak juga calon konsumen online yang didatangkan google ke website kita.