Mahasiswa KKN-T UMAHA Berikan Sosialisasi tentang Pendidikan Karakter di SDN Sumberjo 3

Jombang – Mahasiswa Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA) Sidoarjo sebagai peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik tahun 2022 di Desa Sumberjo, Wonosalam, Jombang. Dalam kesempatan yang luar biasa Kelompok Sumberjo 4 yang terdiri dari berbagai macam prodi yang ada di UMAHA memberikan Sosialisasi tentang Pendidikan Karakter untuk siswa-siswi di SDN Sumberjo 3.

Sebuah kegiatan untuk merealisasikan proker utama dari kelompok Sumberjo 4 yang memilih tema pendidikan dan keaswajaan dianggap penting untuk memberikan sosialisasi pendidikan karakter guna mengantisipasi efek negatif dari era digital bagi anak-anak.

Selain itu, Bapak Mulyadi Hadi S.Pd selaku Kepala Sekolah SDN Sumberjo 3 pun menggalakkan program pendidikan karakter ini untuk siswa-siswi SDN Sumberjo 3. Segala pembiasaan dilakukan guna tercapainya tujuan dari program ini salah satunya yaitu sholat duha yang Istiqomah dilakukan setelah apel pagi di SDN Sumberjo 3.

“Dalam upaya mensukseskan program pendidikan karakter tersebut, Mahasiswa KKN-T UMAHA Kelompok Sumberjo 4 memberikan sosialisasi itu dengan mengajarkan tentang tanggung jawab, mandiri, jujur dan berani dengan penyampaian yang menyenangkan dan improvisasi menggunakan games sehingga dapat diterima oleh siswa-siswi SDN Sumberjo 3 dengan baik. Sebuah nilai-nilai keagamaan pun disampaikan karena hal tersebut dapat memperkuat sebuah karakter anak yang sesuai dengan Agama Islam dan Ahlussunah wal Jama’ah,” ujar Putri Maulidina, Ketua Kelompok Sumberjo 4.

Selain sosialisasi tentang pendidikan karakter, Kelompok Sumberjo 4 juga memberikan Sexual Education untuk siswa-siswa SDN Sumberjo 3 karena banyaknya kasus pelecehan seksual yang terjadi di lingkungan anak menjadi alasan tersendiri bagi kami untuk memberikan edukasi tersebut.

Dimulai dengan memberikan pengenalan kepada siswa-siswi tentang anggota tubuh pribadi yang mana tidak boleh dilihat bahkan disentuh orang lain menjadi awalan untuk memberikan Sexual Education tersebut sehingga siswa-siswi SDN Sumberjo 3 faham dan waspada terhadap tindak pelecehan seksual yang kerap terjadi di lingkungan sekolah. (Sumber: lensanesia.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *