UMAHA BERBENAH SEMAKIN MODERN

UMAHA BERBENAH SEMAKIN MODERN

Oleh:  Gempur Santoso (Google Sholar)

(Dosen Ergonomi K-3 Teknik Industri UMAHA)

 

Menyenangkan. Sejak tadi malam saya sudah bilang ke istri. Besok ada agenda rapat kampus melalui daring pagi pukul sembilan.

Pagi hari saya sudah siap. Kurang seperempat jam, zoom saya on kan. Ternyata terhapus saat membersihkan handphone. Download. Selesai. Istri pasang kipas di depan meja saya. Biar tetap udara segar.

Tepat pukul sembilan pagi zoom on. Saya siap. Telinga dan mata saya siap. Awal beberapa peserta masuk. Saya sempat saling menyapa dengan teman – teman kampus. Termasuk yang baru kenal. Salam kenal.

Rapat dibuka Rektor UMAHA. Bapak Dr. H. Achmad Fathoni Rodli, M.Pd (Akun Google Scholar). Atas inisiatif yang penting saya catat. Santai mengikuti.

Sebelum dibuka pak Rektor. Sempat menunjuk saya sebagai mederator. Saya agak kaget. Sebab belum semua kenal. Juga belum tahu agenda rapat. Tapi agenda dibantu pak Rektor, disebut. Saya agak lega.

Narasumber utama sekaligus membuka, oleh pak Rektor UMAHA. Dalam sambutannya sangat menggembirakan, “seluruh dosen dan staf UMAHA akan ditingkatkan kesejahteraaannya”. Tentu ada syarat ringan. Intinya, laporkan tulisan yang diupload di website UMAHA. Staf juga bisa, tulis laporan pelayanan yang dilakukan. Harus ditulis dan dipublish di website.

Website itu ada terbitan LPPM (https://lppm.umaha.ac.id), Penjaminan Mutu, dan lain-lain. Tentu berupa tulisan. Tulisan atikel, hasil penelitain, laporan, desan logo, dan kreativitas lain. Semua harus ada (tertulis) terkait UMAHA Sidoarjo.

Tidak hanya itu kreativitas apapun misal memuat logo terkait UMAHA akan mendapat bonus. Nah…makin menggiurkan. Semoga akan semakin sejahtera.

Pak Rektor juga mengingatkan medsos (media sosial) bukan media pribadi. Nama sosial semua orang akan tahu. Nulis kreativitas tentu jangan bersifat pribadi tetapi positif konsumsi medsos.

Narasumber lain ada pak Agung Santoso, S.Kom, M.Kom (Akun Google Scholar). Beliau secara detail menceritakan tentang teknis mengisi angket SPADA. Banyak yang bertanya. Tampak puas dijelaskan oleh pak Agung Santoso. Semua dosen UMAHA harus melakukan registrasi ke SPADA.

Orangnya baik hati. Jika para dosen ada kesulitan nanti, bisa telpon atau japri ke beliau. Mamang pak Agung registrasi yang diberi tanggungjawab. Dan, tampak dia melakuan tuntas memberi pelayanan ke para dosen.

Kemudian, narasumber selanjutnya adalah pak dr. Raymond Ferdinand Runtu (Akun Google Scholar). Memberi trik agar website UMAHA tidak bisa dihacker, tidak diganggu dan agar lancar. Pak Raymon juga memberikan sistem pengelolaan data online.  Atas pengalaman pak Rymon sebelumnya disampaikan semua. Demi keselamatan website.

Narasumber terakhir adalah mas Rizaq. Saya menyebut begitu. Seusia melinial. Muda kuat. Menjelaskan pengamanan website atau bisa juga membuat aplikasi tersendiri dalam memasang website.

Kini, dia sibuk menutup beberapa jendela agar website bisa tetap normal. Bahkan sedang proses pembuatan update otomatis bila website diganggu haker/orang lain. Demi webometric UMAHA.

Acara rapat online sampai adzan dhuhur. Terbatas waktu ada ativitas lain. Sholat. Menyenangkan, atas tawaran narasumber. Bila ada kesulitan bisa kontak atau bertanya langsung via WA (whatsapp).

Ditutup. UMAHA tebuka untuk kemajuan dan makin modern. Sukses…aamiin yra.

(GeSa)