TRIK LOLOS HIBAH PTDM (PRODUK TEKNOLOGI YANG DIDISEMINASIKAN KE MASYARAKAT)

TRIK LOLOS HIBAH PTDM (PRODUK TEKNOLOGI YANG DIDISEMINASIKAN KE MASYARAKAT)

Oleh

Khoirul Ngibad, S.Si., M.Si. (Scholar)

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan UMAHA Sidoarjo

Alhamdulillah, pada tahun 2021 ini, UMAHA Sidoarjo berhasil memenangkan hibah pengabdian kepada masyarakat skema PTDM (PRODUK TEKNOLOGI YANG DIDISEMINASIKAN KE MASYARAKAT) dengan judul DISEMINASI TEKNOLOGI UNTUK PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI PADA UMKM KERUPUK DI SIDOARJO. Tim kelompok kami antara lain:

  1. Bapak Dr. Dony Perdana, S.T., M.T. / 0708017201 dari Prodi Sarjana Teknik Mesin ( Ketua)
  2. Mochamad Choifin, S.T., M.T. / 0716038305 dari Prodi Sarjana Teknik Mesin ( Anggota )
  3. Khoirul Ngibad, S.Si., M.Si. / 0705029201 dari Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medik ( Anggota )

Dalam program PTDM (Produk Teknologi yang Didiseminasikan ke Masyarakat) ini, dipillih 3 mitra dengan rincian 2 mitra UMKM yang bergerak di bidang ekonomi produktif dalam penggorengan kerupuk upil dan 1 mitra UMKM dengan usaha pembuatan kerupuk kupang, udang, dan puli.

Pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit sharing terkait trik agar lolos pendanaan HIBAH PTDM (PRODUK TEKNOLOGI YANG DIDISEMINASIKAN KE MASYARAKAT). Mudah-mudahan hibah ini akan selalu dibuka di setiap tahunnya.

Trik pertama adalah kuasai Panduan Hibah Produk Teknologi Yang Didiseminasikan Ke Masyarakat tiap tahunnya, ikuti dan patuhi Sistimatika Proposal yang sudah ada dalam panduan, dan sesuaikan proposal dengan Borang Evaluasi Proposal yang juga sudah ada dalam panduan.

Pembahasan untuk trik pertama ini, saya kira cukup jelas,,,,hehehhehe. Ada tulisan saya terkait trik pertama (STRATEGI DOSEN PENDAMPING AGAR LOLOS HIBAH WIRA DESA).

Trik kedua adalah pertajam konten proposal

Trik ini menarik untuk dijelaskan. Menurut pemahaman sya, di dalam Sistimatika Proposal PTDM ada bagian-bagian yang perlu ditonjolkan, antara lain:

Analisis Situasi

Dalam analisis situasi ini, penekanannya harus fokus menjabarkan kondisi terkini dari para mitra. Profil mitra dan foto-foto kondisi mitra perlu dimasukkan dalam proposal. Lebih bagus lagi jika ada data-data kuantitatif dari para mitra karena menunjukkan bahwa proposal yang diajukan benar- benar sudah didahului dengan survey ke mitra.

Permasalahan Mitra

Bagian ini, perlu dikhususkan ke permasalahan mitra yang akan diatasi dalam kegiatan PTDM. Di bagian analisis situasi itu, sangat memungkinkan akan teridentifikasi banyak permasalah mitra. Akan tetapi, dalam bagian permasalahan mitra, pengusul proposal PTDM harus benar-benar bisa memilih dan menentukan permasalahan mitra yang perlu dukungan dari kegiatan PTDM.

Solusi

Bagian solusi ini menarik. Saya mempunyai format khusus untuk menjabarkan bagian solusi ini. Ada 5 kolom yang saya gunakan dalam menjelaskan bagian ini. Kolom pertama adalah mitra, kolom kedua adalah Permasalahan Prioritas Mitra, kolom ketiga adalah Solusi, kolom keempat adalah Target Luaran, dan kolom kelima adalah Rencana dan Indikator Capaian. Saya kira kolom yang penting sehingga perlu dimasukkan ke dalam proposal adalah kolom Rencana dan Indikator Capaian. Mungkin banyak yang lupa. Bagi saya ini bagian powerful agar benar-benar bisa meyakinkan reviewer. hehehehe

Mungkin cukup sekian sharing saya hari ini. Semoga bermanfaat. Mohon maaf jika ada hal-hal yang kurang berkenan.