Mahasiswa KKN UMAHA Bantu Kegiatan Mengajar di SDN Wonokerto 2

Pendidikan merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan sesorang. Pendidikan lah yang menentukan dan menuntun masa depan dan arah hidup seseorang. Walaupun tidak semua orang berpendapat seperti itu, namun pendidikan tetaplah menjadi kebutuhan manusia nomor wahid. Bakat dan keahlian seseorang akan terbentuk dan terasah melalui pendidikan. Pendidikan juga umumnya dijadikan tolak ukur kualitas setiap orang.

Didalam Perguruan Tinggi, Pendidikan merupakan salah satu perwujudan dan implementasi dari TRI DHARMA Perguruan Tinggi. Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari 3 poin , yaitu :

  1. Pendidikan dan Pengajaran

2. Penelitian dan Pengembangan

3. Pengabdian kepada Masyarakat.

Pendidikan dan pengajaran adalah point pertama dan utama dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pendidikan dan pengajaran memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu proses pembelajaran.
Undang-undang tentang pendidikan tinggi menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual kegamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.
Dari pengertian pendidikan diatas maka proses pembelajaran yang ada di perguruan tinggi memiliki peranan penting untuk mencipkan bibit-bibit unggul. Pendidikan dan pengajaran yang baik akan menghasilkan bibit unggul dari suatu perguruan tinggi yang akan mampu membawa bangsa ini kearah bangsa yang lebih maju . lulusan-lulusan yang berkualitas dari perguruan tinggi akan menjadi penerus bangsa yang membawa Indonesia kearah yang lebih maju. Sesuai dengan pembukaan undang — udang dasar 1945 yang berbunyi, mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka pendidikan dan pengajaran harus menjadi pokok dan sumber utama dalam mencapai tujuan dari perguruan tinggi.
Mahasiswa KKN UMAHA melakukan implementasi TRI DHARMA Perguruan Tinggi kepada siswa-siswi SDN Wonokerto 2 yang berada Dusun Kersorejo Desa Wonokerto Kecamatan Wonosalam.

Adapun kegiatan yang dilakukan Mahasiswa KKN UMAHA Untuk mewujudkan salah satu point TRI DHARMA Perguruan tinggi antara lain mengajarkan mata pelajaran dengan teknik mengajar yang menyenangkan sehingga memudahkan mereka dalam mengerjakannya. selain itu mengajak siswa – siswi untuk mampu bersosialisasi dengan teman sebayanya, dan juga mengembangkan kreatifitas dengan kegiatan menggambar.

Diharapkan dengan adanya implementasi dari mahasiswa KKN UMAHA dapat memberikan dampak positif bagi lembaga pendidikan SDN Wonokerto 2, para pengajar, dan siswa siswi SDN Wonokerto 2. (Sumber : Kompasiana.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *