Berita Acara Mengajar di TPQ

 

“Belajar di waktu kecil bagai mengukir diatas batu, belajar di waktu besar bagai mengukir diatas air” Pasti kalimat ini tidak lagi asing di telinga kita kan? Sepenggal pribahasa ini mempunyai makna yang memotivasi orang tua agar mendidik anak sejak usia dini karena pengaruhnya akan terlihat jelas. Bukan hanya pendidikan di sekolah, pendidikan agama juga amat penting dalam membentuk karakter dan menanamkan nilai-nilai keislaman pada anak usia dini.

TPQ Al Hamid, merupakan Taman Pendidikan Al-Qur’an yang berada di Desa Ploso RT 01 RW 01 kec. Wonoayu, tepat dimana kami melakukan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) selama 1 bulan penuh di bulan Agustus 2023. Seperti halnya TPQ yang lain, TPQ Al-Hamid mengajarkan untuk membaca iqra’ bagi anak-anak yang belum lancar membaca Al-Qur’an, dan bagi yang sudah lancar bisa langsung membaca Al-Qur’an dan akan disimak ustadz/ustadzah.

Selain belajar membaca Al-qur’an, TPQ Al-Hamid juga mengajarkan para santri untuk menghafalkan surat-surat pendek dan do’a sehari-hari. Lokasi TPQ Al-Hamid juga dekat dengan Mushollah sehingga sangat memudahkan santri untuk adzan dan sholat berjama’ah sebagaimana merupakan kewajiban seluruh umat Islam.

Pada kesempatan kali ini, kami mahasiswa KKN Desa Ploso Kelompok 9 KH. Sahal Mahfudz turut serta membantu dalam praktek pengajaran membaca Iqra’ dan Al-Qur’an di TPQ Al-Hamid yang dilakukan setiap ba’da Ashar. Kegiatan membaca iqra’ dan Al-quran ini dilakukan pada hari Senin, Selasa, Rabu, dan Jum’at. Sedangkan pada hari Kamis TPQ Al-Hamid mengadakan tahlil bersama dan kirim do’a untuk para sesepuh pendiri TPQ ini. Sedangkan di hari Minggu dan tanggal merah TPQ diliburkan.

Walaupun sudah berdiri cukup lama, namun tenaga pengajar di TPQ Al-Hamid hanya berjumlah 2 orang saja yaitu 1 ustadz dan 1 ustadzah dengan jumlah murid sebanyak 50 orang. Harapan kami, dengan adanya kegiatan KKN ini kami bisa membantu tenaga pengajar di TPQ Al-Hamid dalam proses pengajaran iqra’ dan Al-Qur’an karena kami juga memiliki background yang sama, yakni sama-sama muslim dan fasih membaca Al-Qur’an. Semoga apa yang kami lakukan selama 1 bulan ini akan membawa dampak positif untuk para adik-adik dan menjadi amal jariyah kami di akhirat, aamiin…

TPQ saat ini begitu penting dalam mendukung pendidikan formal yang ada di Indonesia. Melalui Taman Pendidikan Alquran ini anak-anak setidaknya memiliki bekal yang mereka butuhkan untuk menunjang kebutuhan spiritual mereka. Sejarah menyebutkan pertumbuhan Taman Pendidikan Alquran sendiri menemukan momentumnya pada tahun 1990-an.

Sebagai puncak kegiatan selama 1 bulan mengajar, maka kami mengadakan berbagai lomba di TPQ Al-Hamid berupa Lomba membaca Alqur’an, Lomba Adzan, Lomba membaca do’a & surat pendek, dan Lomba mewarnai kaligrafi. Untuk artikel lomba silahkan di cek pada artikel selanjutnya, Terimakasih…