Mahasiswa KKN-T Kelompok 9 KH. Sahal Mahfudz Terlibat dalam Kegiatan Posyandu Balita di Desa Ploso Dusun Kesamben Kecamatan Wonoayu Sidoarjo

Mahasiswa KKN-T Kelompok 9 KH. Sahal Mahfudz Ikut Serta Membantu Pelaksanaan Posyandu Balita Desa Ploso Dusun Kesamben Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo, Rabu (09/08/2023). Dalam menjalankan pengabdiannya kepada masyarakat, Tim KKN-T (Kuliah Kerja Nyata-Tematik) Universitas Maarif Hasyim Latif  Sidoarjo turut membantu melancarkan kegiatan Posyandu yang diadakan di pos 2 di kediaman Bapak Nur Sutajib selaku Lurah Desa Ploso, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo, Rabu (9/8). Kegiatan ini berlangsung selama satu hari.

Posyandu (Pos Pelayanan Keluarga Berencana Kesehatan Terpadu) ialah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh, dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Posyandu sendiri merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat dibidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa.

Tujuan diadakannya Posyandu yaitu untuk melayani balita (imunisasi, timbang berat badan, pengukuran tinggi badan, lingkar kepala dan pengukuran lingkar lengan atas). Hal ini secara tertulis dalam suatu surat keputusan bersama antara menteri dalam negeri RI (Mendagri), Menteri kesehatan (Menkes) RI, kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan ketua Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan dicanangkan pada sekitar tahun 1986.

Lebih spesifik, tujuan posyandu antara lain menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB), menambah asupan gizi dan vitamin yang diperlukan oleh balita, memberikan penyuluhan tentang asupan gizi serta cara pemberian ASI yang baik serta meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB. Beberapa kegiatan utama pada Posyandu adalah KIA, KB, Imunisasi, gizi, stunting dan penanggulangan diare.

Kegiatan Posyandu dimulai pada pukul 08.00 WIB. Balita yang mengikuti Posyandu ada sekitar 50 anak yang berada di pos 2. Di Desa Ploso terda 4 posko posyandu balita, yaitu pos 1 berada di RT.09 RW.02, pos 2 berada di RT.02 RW.01, pos 3 berada di RT.13 RW.03 dan pos 4 berada di RT.07 RW. 02.

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Tim KKN- T Kelompok 9 KH. Sahal Mahfudz yaitu pendampingan posyandu oleh devisi kesehatan. Tim KKN-T 9 membantu Siti Khunainah selaku bidan yang bertugas dan beberapa kader posyandu yang membantu dalam proses Posyandu.

Tim KKN- T Kelompok 9 KH. Sahal Mahfudz turut serta dalam kegiatan penimbangan balita, imunisasi, pengukuran tinggi badan, lingkar kepala dan pengukuran lingkar lengan atas menyerahkan buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) yang mana di dalam buku ini berisi catatan kesehatan ibu dan anak, meliputi masa kehamilan, bersalin dan nifas, dan bayi baru

lahir sampai anak usia 5 tahun), serta berbagai informasi cara memelihara dan merawat kesehatan ibu dan anak.

Kemudian Tim KKN- T Kelompok 9 KH. Sahal Mahfudz juga ikut membagikan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) untuk para balita. Makanan yang diberikan antara lain Nasi sop yang sangat banyak manfaat bagi tumbuh kembang balita. Sayur wortel mengandung beta-karoten yang bermanfaat bagi penglihatan dan menjaga mata agar tetap sehat, buncis mengandung antioksidan yang dapat membantu dalam meningkatkan metabolisme, menguragi resiko kanker dan menjaga kesehatan tulang memiliki kaya antioksidan, sedangkan seledri membantu melancarkan pencernaan dan memperkuat daya tahan tubuh.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 9 Dewi Agustya Ningrum, SE., M.Ak mengingatkan mahasiswa KKN-T Kelompok 9 KH. Sahal Mahfudz untuk dapat membantu dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di Desa Ploso dan dapat menerapkan ilmu selama perkuliahan untuk dipraktekkan pada lingkungan masyarakat.