Sosialisasi Bahaya Narkoba

SOSIALISASI BAHAYA NARKOBA DI DESA PLOSO

Rabu, 09/08/2023, bertempat di Balai Desa Ploso, Kecamatan Wonoayu, peserta KKN UMAHA 2023 yang tediri dari kelompok 9, 10, 11, dan 12 telah melaksanakan sosialisasi bahaya narkoba dengan mengusung tema “Jadilah Pahlawan Untuk Diri Sendiri Dengan Tolak Narkoba Bersama KKN-T UMAHA 2023”.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh warga desa dengan jumlah sebanyak 50 orang yang terdiri dari organisasi kepemudaan IPNU — IPPNU, Karang Taruna, serta seluruh tingkatan perangkat desa di Desa Ploso. Sosialisasi kali ini menghadirkan narasumber Kanit Binmas Polsek Wonoayu yang dipandu oleh perwakilan mahasiswa sebagai pembawa acara. Materi disajikan dalam bentuk power point yang disertai video serta gambar untuk memudahkan para peserta dalam memahami penyampaian narasumber. Narasumber mambahas mengenai definisi, jenis, faktor, dan dampak dari penggunaan narkoba yang membawa sifat adiktif sehingga dapat mempengaruhi fisik maupun mental si pengguna. Peserta juga diajak untuk memahami lebih dalam potensi diri masing-masing supaya dapat terus berkarya dan berprestasi dalam lingkup sosial dan kemasyarakatan. Gambar dibawah ini merupakan sesi pemaparan materi oleh narasumber mengenai narkoba.

Selanjutnya, peserta diberikan tiga kali kesempatan untuk bertanya dan sharing setelah pemaparan materi oleh narasumber. Peserta sangat antusias dalam bertanya terutama pada penanganan yang sebaiknya dilakukan kepada pengguna agar terlepas dari kecanduan serta penanganan apa yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) terkait jumlah para pecandu narkoba. Dalam penjelasannya narasumber memberikan jawaban yang memuaskan dengan memberikan gambaran tentang proses penanganan pecandu narkoba dalam tempat rehabilitasi yang disediakan oleh BNN.

Maksud dan tujuan kegiatan sosialisasi ini yang meliputi beberapa hal, diantaranya adalah besarnya kekhawatiran orang tua dalam maraknya peredaran narkotika di kalangan masyarakat, kurangnya pengetahuan masyarakat sekitar dalam membentengi diri dan keluarga, serta cara pencegahan maksimal yang harus dilakukan. Oleh karena itu, bersama mahasiswa KKN UMAHA 2023 dan pemerintah Desa Ploso yang menggadeng Kanit Binmas Polsek Wonoayu sebagai narasumber memberikan wawasan, pengetahuan, dan kesadaran pada warga desa, meningkatkan kewaspadaan terhadap penggunaan psikotropika di kalangan remaja, serta untuk mengajak masyarakat hidup sehat dengan menjauhi segala bentuk penyalahgunan narkoba guna menciptakan lingkungan yang bebas dari penggunaan narkoba.

sumber:www.kompasiana.com