Digital Marketing Product Emping Pisang “INOICHI“ Yang Digagas Oleh Program KKN Mahasiswa UMAHA Kelompok 5 Desa Sumberjo

Jombang – Mahasiswa Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo (UMAHA), melaksanakan program KKN-Tematik di Tahun 2022 bertempat di Desa Sumberjo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. Mahasiswa KKN Tematik di Desa Sumberjo ini terdiri dari beberapa Fakultas di UMAHA Sidoarjo.

Desa Sumberjo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang terkenal dengan Sumber Daya Alam nya yang melimpah, salah satunya yaitu hasil perkebunan pisang. Hal ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk menciptakan sumber ekonomi yang baru, salah satunya NJ Jaya pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di desa tersebut. Berdiri sejak tahun 2006, tentunya NJ Jaya sangat memahami lika-liku usahanya, namun seperti telah kita ketahui bersama bahwa Pandemi Covid 19 pada tahun 2020 lalu menjadi badai keterpurukan bagi seluruh lapisan, termasuk bagi NJ Jaya.Disisi lain, dengan perkembangan Teknologi informasi yang begitu cepat, telah memberikan dampak yang besar didalam industri dan juga proses dalam transaksi, jika sebelumnya proses jual beli haruslah melalui cara berinteraksi langsung antara penjual dan pembeli di Pasar, namun kini hanya melalui Smartphone setiap orang dapat mencari barang yang diperlukan dan tidak perlu lagi harus pergi ke pasar.

Strategi pemasaran adalah hal utama yang selama ini menjadi keterbatasan NJ Jaya. Letak geografis Desa Sumberjo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang menjadi kendala dalam pemasaran. Untuk itu, Mahasiswa UMAHA KKN-T Kelompok 5 Desa Sumberjo memberikan pendampingan dalam Digital Marketing. Didalam kesempatan itu para Mahasiswa UMAHA KKN-T Kelompok 5 Desa Sumberjo melaksanakan Program Kerja Utama yang berbasis IT dan teknologi yakni pelatihan dan juga pendampingan pelaku UMKM yakni product Emping Pisang dengan nama Brand “ INOICHI”, dimana di Era digital yang berkembang begitu cepat ini, proses pemasaran tidak hanya bisa dilakukan melalui kegiatan langsung namun juga bisa dilakukan melalui pemasaran online yakni melalui media social maupun dengan menggunakan Website, atau membuka Toko Online di beberapa Market Place yang telah popular di gunakan oleh masyarakat.

Disisi lain, dengan perkembangan Teknologi informasi yang begitu cepat, telah memberikan dampak yang besar didalam industri dan juga proses dalam transaksi, jika sebelumnya proses jual beli haruslah melalui cara berinteraksi langsung antara penjual dan pembeli di Pasar, namun kini hanya melalui Smartphone setiap orang dapat mencari barang yang diperlukan dan tidak perlu lagi harus pergi ke pasar.

Lebih lanjut, Ibu Supriatin menyampaikan, “ bahwa dulu, sering saya menjual dibeberapa super market dan mengambil keuntungannya setiap bulan, setelah habis product namun setelah pandemic saya vacum dan hanya melayani pembelian apabila ada yang memesan” ujar beliau.

Dengan adanya beberapa permasalahan yang diungkapkan beliau ini, kami Kelompok 5 KKN-T UMAHA Desa Sumberjo untuk membantu dan memberikan pendampingan kepada Ibu Supriatin, untuk membuatkan Website usaha Inoichi, lalu membantu dalam membuat juga Toko Online pada Shopee, Instagram ads juga Facebook ads, dan mebranding usaha dan kemasan agar lebih menarik pembeli dan juga memberikan nilai lebih dalam brand untuk mengangkat nilai jual product.

“Semoga dengan pembaruan Strategi Pemasaran baru Inoichi saat ini dapat mengembalikan perekonomian kami dan membangkitkan kembali UMKM di Desa Sumberjo ini” ujar pemilik NJ Jaya. Hal tersebut selaras dengan prinsip-prinsip KKN-UMAHA yang dilaksanakan harus memenuhi empat prinsip, yaitu dapat dilaksanakan (feasible), dapat diterima (acceptable), berkesinambungan (sustainable), dan partisipatif (participative) serta bermanfaat atau mendatangkan kebaikan kepada masyarakat.

Dimana diharapkan setelah pendampingan ini, dapat pula memberikan dampak dan juga hasil untuk membantu meningkatkan perekonomian terutama UMKM didaerah Desa Sumberjo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang, untuk semakin maju dan tumbuh juga berkembang lebih pesat. (Tim KKN-T5. Ds.Sumberjo) (Sumber: beritajombang.com)