Mari Semangat dan Bermanfaat

Mari Semangat dan Bermanfaat

Lilla Puji Lestari, S.Pd., M.Si (Google Scholar)

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan UMAHA Sidoarjo

Email: [email protected]

 

Pagi hari yang masih gelap dengan angin yang bertiup sepoi-sepoi. Bukan pagi buta  karena sang surya sudah mulai memancarkan sinarnya. Pagi ini tanpa pikiran terburu buru karena ini adalah hari minggu. Walaupun hari minggu tetap harus menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu karena selama pandemi kegiatan atau webinar tidak pernah melihat hari libur, tanggal merah atau tidak. Itulah tantangan dan kelebihan hidup di masa pandemi.

Saat kubuka group whatshappsambil menikmati secangkir wedang uwuh betapa bahagia dan rasa syukur yang tidak terkira bahwa hibah itu datang bertubi-tubi. Salah satunya, pengumuman hasil seleksi progam Detasering oleh Direktorat Sumber Daya Diktiristek. Kami dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UMAHA Sidoarjo bisa memberikan kebermanfaatan yaitu lolosnya hibah program Detasering. Program Detasering merupakan program dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi khusus memberikan pembinaan dalam bidang kualitas keterampilan sumber daya manusia melalui skema non-studi lanjut serta aspek manajerial perguruan tinggi (penguatan kapasitas institusi) kepada berbagai perguruan tinggi yang dianggap masih memerlukan pembinaan.

Program Detasering di Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo yang didanai oleh Direktorat Sumber Daya Ditjen Diktiristek :

  1. Bidang Program Penelitian :
  • Pelatihan dan pendampingan penulisan karya ilmiah
  • Penyusunan proposal penelitian dan pencarian kepustakaan berbasis internet
  1. Bidang Program Pengabdian Masyarakat :
  • Pelatihan penulisan artikel ilmiah bidang PKM
  • Pelatihan untuk melibatkan mahasiswa dalam KKN Tematik
  • Pengembangan bahan penyuluhan dan buku teknologi tepat guna

Menjadi dosen itu takdir bukan untuk mencari penghargaan. Maka kita tetap semangat dan bermanfaaat untuk orang lain. Walaupun kebermanfaatan itu tidak bisa kita rasakan dengan segera, kita tidak pernah tahu kapan kita dapat bermanfaat untuk orang lain. Lagi lagi itulah konsep kepasarahan. Lakukan sekali kita bisa dan ada kesempatan.

Kemana sukses ini akan berlabuh

Kekhawatiran begitu besar, Tapi asa tidak boleh pudar

Bukanlah semuanya tergantung usaha ?

Engkau berikan Amanah yang terbaik untuk institusi kami

Lancarkan segala urusan kami. Berkahillah langkah kami dengan keikhlasan bekerja dan kebermanfatan.

Semua serahkan pada illahi sang pengatur takdir

Demikianlah yang dapat saya tulis. Semoga bermanfaat

Salam sehat walafiat

Salam semangat dan bermanfaat